Entri Populer

Kamis, 17 Maret 2011

Madu dan Kesehatan


Madu adalah makanan yang terdiri dari karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi dibandingkan susu, telur , daging, keju dan mentega . Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau 1000 gram madu murni setara dengan 5,675 liter susu atau 50 butir telur ayam atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata madu mengandung zat atau senyawa yang sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .


Khasiat madu telah dikenal sejak jaman Mesir Kuno dimana Ratu Cleopatra telah menggunakan madu untuk merawat kesehatan dan kecantikannya. Selain itu juga madu dipergunakan untuk ramuan pembalseman yang berfungsi untuk membantu mengawetkan Mummi  dari raja-raja Mesir Kuno. Di Jepang, madu juga sudah menjadi tradisi dimana setiap malam sebelum tidur mereka mengkonsumsi madu agar bangun tidur tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

Keunikan madu yang diketahui manusia yaitu madu mengandung zat antibiotik . Hal itu berdasarkan hasil penelitian dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru, Peter C Molan ( 1992 ). Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain itu juga peneliti Kamaruddin (1997) dari Departement of Biochemistry , Faculty of Medicine , University of Malaya di Malaysia, menyebutkan bahwa di dalam madu terkandung zat anti mikrobial, yang dapat menghambat penyakit.

Beberapa penyakit infeksi yang dapat dicegah dan disembuhkan dengan minum madu secara teratur diantaranya : Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA),demam, batuk, infeksi saluran pencernaan , penyakit luka tukak lambung dan penyakit kulit.

Selain itu masih ada pandangan yang salah atau keliru tentang kualitas madu . Ada yang menganggap bahwa madu yang baik adalah yang menimbulkan letusan ketika tutupnya di buka atau yang tidak di kerumuni semut. Justeru madu tersebut telah rusak terfermentasi oleh enzim dan mengarah kepada terjadinya gas dan alkohol itulah sebabnya semut tidak mau mendekatinya.

Jadi, jika anda ingin memiliki tubuh lebih sehat maka madu dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar